CONTOH PROGRAM KERJA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
FOLDERSOAL.COM - Selamat Pagi..Siang..Malam.. Masih Semangat kan?? Selamat datang di Situs kami yang paling semangat untuk berbagi soal-soal terlengkap di internet. Jangan Lupa untuk memberitahu sahabat-sahabat kalian ya tentang keberadaan situs FOLDERSOAL.COM kalau kalian terbantu dengan artikel yang dimuat pada situs kami. Belum ketemu juga soalnya? Klik icon Pencarian di sebelah kanan atas pada situs ini, ketik disitu ya.. Masih belum ketemu?? tinggalkan komentar untuk request xxx.. kami dengan senang hati menerima referensi soal-soal terbaru. Jangan lupa Berbagi ke Lainnya! Udahan ah intronya xxx
PROGRAM KERJA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA |
No | KEGIATAN | BULAN KE | KET | |||||
Jul | Ags | Sept | Okt | Nop | Des | |||
1. | Masa Orientasi Anggota Baru (system Blok) | X | ||||||
2. | Latihan Rutin (Sistem Reguler) | X | X | X | X | X | ||
3. | Ujian SKU Penggalang Ramu | X | X | X | ||||
4. | Ujian SKU Penggalang Rakit | X | X | X | ||||
5. | Ujian SKU Penggalang Terap | X | X | X | ||||
6. | Ujian SKK | X | X | X | X | X | ||
7. | Gladian Pemimpin Regu | X | ||||||
8. | Perkemahan Dekat ( Persami ) | X | X | |||||
9. | Penjelajahan dan Halang Rintang | X | ||||||
10. | Bakti Masyarakat | X | ||||||
11. | Latihan gabungan | X | X | |||||
12. | Lomba Tingkat I | X | ||||||
13. | Laporan Semester ke Kwartir Ranting | X | ||||||
14 | Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional | Menyesuaikan |
No | KEGIATAN | BULAN KE | KET | |||||
Jan | Peb | Mar | Apr | Mei | Jun | |||
1. | Latihan Rutin (Sistem Reguler) | X | X | X | X | X | ||
2. | Ujian SKU Penggalang Ramu | X | X | X | X | |||
3. | Ujian SKU Penggalang Rakit | X | X | X | ||||
4. | Ujian SKU Penggalang Terap | X | X | |||||
5. | Ujian SKK | X | X | X | X | X | ||
6. | Gladian Pemimpin Regu | X | ||||||
7. | Perkemahan Dekat ( Persami ) | X | ||||||
8. | Penjelajahan dan Halang Rintang | X | X | |||||
9. | Bakti Masyarakat | X | ||||||
10. | Latihan gabungan | X | ||||||
11. | Laporan Semester ke Kwartir Ranting | X | ||||||
12. | Pemilihan pramuka terbaik | X | ||||||
13. | Musyawarah Gugus Depan | X | ||||||
14. | Perkemahan jauh dan Pengembaraan | X | ||||||
15. | Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional | Menyesuaikan |
No. | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Kegiatan |
1 | 1. Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan | 1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia | 1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia | Sejarah kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka |
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia | 1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia | |||
1.3 Mengetahui dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat | 1.3 Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma | Dasa Dharma dan Trisatya | ||
1.4 Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan masyarakat | ||||
2 | 2. Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara Penggalang | 2.1 Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri) | 2.1 Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik kanan/kiri) | PBB dan Latihan Upacara |
2.2 Memperagakan upacaraPenggalang di lapangan | 2.2 Memperagakan upacara Penggalang di lapangan | |||
3 | 3. Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore | 3.1 Mengetahui macam-macam SANDI | 3.1 Mengetahui macam-macam SANDI | Huruf SANDI |
3.2 Mengetahui fungsi bendera Semaphore | 3.2 Mengetahui fungsi bendera Semaphore | Semaphore | ||
3.3 Memperagakan bendera semaphore dengan benar | 3.3 Memperagakan bendera semaphore dengan benar | |||
4 | 4. Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari | 4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan benar | 4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan benar | Pedoman kompas |
5 | 5. Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah | 5.1 Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat | 5.1 Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat | Tali temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2 Membuat tandu dan kaki tiga | 5.2 Membuat tandu dan kaki tiga | |||
5.3 Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda | 5.3 Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda | |||
6 | 6. Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan | 6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah | 6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah | Api unggun |
6.2 Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah | 6.2 Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah | |||
7 | 7. Memahami resep dasar memasak | 7.1 Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana | 7.1 Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana | Tata boga |
7.2 Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) | 7.2 Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) | |||
8 | 8. Memahami cara membuat hasta karya | 8.1 Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) | 8.1 Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug) | Hasta karya Pramuka |
8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas | 8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas | |||
9 | 9. Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka | 9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka | 9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka | Lambang Gerakan Pramuka dan struktur kepramukaan |
9.2 Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah | 9.2 Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah | |||
9.3 Membentuk kepengurusan regu | 9.3 Membentuk kepengurusan regu | |||
10 | 10. Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka | 10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana | 10.1 Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara sederhana | Musyawarah dan mufakat Pramuka |
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut | 10.2 Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut | |||
11 | 11. Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan | 11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan | 11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan | Mencari jejak dan penggunaan peta |
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan | 11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan | |||
12 | 12. Memahami definisi dan praktek P3K | 12.1 Mengetahui arti P3K | 12.1 Mengetahui arti P3K | P3K |
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K | 12.2 Mengetahui cara praktek P3K | |||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD | 12.2 Memperagakan P3K dan PPGD | |||
13 | 13. Memahami definisi jelajah alam dan out bound | 13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond | 13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound | Jelajah alam dan out bout |
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out bound | 13.2 Mengetahui macam-macam jenis outbound | |||
13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana | 13.3 Jelajah alam dan out bout sederhana | |||
14 | 14. Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. | 14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah | 14.1 Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah | Lagu-lagu wajib dan daerah |
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar | 14.2 Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi yang benar | |||
15 | 15. Memahami makna bakti karya Penggalang. | 15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang | 15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang | Bakti karya |
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa | 15.2 Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi |
1. Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan | 1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia | * Menyebutkan tokoh pramuka dunia | Sejarah Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka |
* Menyebutkan organisasi pramuka dunia | |||
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia | Menjelaskan Sejarah singkat pramuka di Indonesia | ||
* Menyebutkan tokoh pramuka Indonesia | |||
1.3 Mengetahui dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat | * Menjelaskan isiTri Satya dan Dasa Dharma Pramuka | Dasa Dharma dan Trisatya | |
* Menerapkan isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka | |||
2. Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu mengimplementasikan dalam upacaraPENGGALANG | 2.1 Memperagakan gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri) | * Latihan PBB dasar | PBB dan Latihan Upacara |
2.2 Memperagakan upacaraPenggalang di lapangan | * Latihan sikap sempurna sampai gerak jalan | ||
* Menulis langkah-langkah upacara | |||
* UpacaraPenggalang | |||
3. Memahami macam- macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore | 3.1 Mengetahui macam-macam SANDI | * Mengungkapan Isi suatu SANDI | SANDI dan SEMAPHORE |
3.2 Mengetahui fungsi bendera Semaphore | * Menyebutkan fungsi SANDI dan semaphore | ||
3.3 Memperagakan bendera semaphore dengan benar | * Memperagakan bendera Semaphore | ||
4. Memahami kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari | 4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan benar | * Menggunakan pedoman kompas dalam berkemah | Pedoman Kompas |
5. Memahami penggu naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah | 5.1 Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat | * Membuat beragam simpul tali | Tali temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2 Membuat tandu dan kaki tiga | * Menyambung tongkat | ||
5.3 Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda | * Membuat tandu | ||
* Membuat kaki 3 | |||
* Menyebutkan cara mendirikan tenda | |||
* Mendirikan tenda | |||
6. Memahami arti dan manfaat api unggun dalam ke pramukaan | 6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah | * Menyebutkan kegunaan api unggun | Api unggun |
6.2 Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah | * Membuat miniatur api unggun di SD | ||
7. Memahami resep dasar memasak | 7.1 Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana | * Membuat resep rujak an dan sayuran | Tata Boga |
7.2 Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) | * Memasak sayuran dan membuat lauk pauk | ||
8. Memahami cara membuat hasta karya | 8.1 Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) | * Membuat anyaman atap gubug | Hasta karya Pramuka |
8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas | * Membaut sendal kayu | ||
9. Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan | 9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka | * Menjelaskan arti lambang pramuka | Lambang gerakan pramuka dan struktur kepramukaan |
9.2 Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah | * Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka | ||
9.3 Membentuk kepengurusan regu | * Membuat pengurus regu | ||
10. Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka | 10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana | * Menjelaskan arti musyawarah dan mufakat | Musyawarah & mufakat pramuka |
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut | * Bermusyawarah membuat jadwal latihan | ||
11. Memahami tanda- tanda jejak peta dalam kepramukaan | 11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan | * Membuat tanda jejak dan peta penjelajahan | Mencari jejak dan penggunaan peta |
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan | * Menggunakan tanda jejak dan peta jelajah | ||
12. Memahami definisi dan praktek P3K | 12.1 Mengetahui arti P3K | * Menjelaskan arti P3K | P3K |
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K | * Menyebutkan cara praktik P3K | ||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD | * Praktik PPGD/P3K | ||
13. Memahami definisi jelajah alam dan outbond | 13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond | * Menjelaskan arti jelajah alam & out bound | Jelajah alam dan outbound |
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out bound | * Menyebutkan macam- macam jenis out bound | ||
13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana | * Penjelajahan dan out bound | ||
14. Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. | 14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah | * Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah | Lagu - lagu wajib dan daerah |
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar | * Menyanyikan lagu Indonesia Raya | ||
* Menyanyikan 2 lagu daerah | |||
15. Mengetahui makna bakti karya penggalang | 15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang | * Menjelaskan arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang | Bakti Karya PENGGALANG |
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa | * Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi |
1. Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan | 1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia | * Menganalis nilai-nilai perjuangan para tokoh pramuka dunia | Sejarah Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka |
* Menganalisis peran organisasi pramuka dunia | |||
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia | Mendeskripsikan sejatah pramuka Indonesia | ||
Mengidentifikasi nilai-nilai kepramukaan pada tokoh pramuka Indonesia | |||
1.3 Mengetahui dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat | Menganalisis isi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka | Dasa Dharma dan Trisatya | |
Memberikan contoh penerapan isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka | |||
2. Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu mengimplementasikan dalam upacaraPENGGALANG | 2.1 Memperagakan gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri) | * Latihan PBB lanjutan | PBB dan Latihan Upacara |
2.2 Memperagakan upacara Penggalang di lapangan | * Menulis langkah-langkah upacara | ||
* Latihan petugas upacra | |||
* Mempraktekan UpacaraPenggalag | |||
3. Memahami macam- macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore | 3.1 Mengetahui macam-macam SANDI | * Membuatu contoh SANDI | SANDI dan SEMAPHORE |
3.2 Mengetahui fungsi bendera Semaphore | * Menganalisis kegunaan SANDI dan semaphore | ||
3.3 Memperagakan bendera semaphore dengan benar | * Memperagakan bendera Semaphore | ||
4. Memahami kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari | 4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan benar | Melatih penghitungan dan pengukuran arah yang dituju. | Pemnfaatan Kompas |
5. Memahami penggu naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah | 5.1 Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat | Mengetahui pembuatn Tandu-Tali Temali. | Tali temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2 Membuat tandu dan kaki tiga | Membuat tandu | ||
5.3 Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda | Mendirikan tenda | ||
6. Memahami arti dan manfaat api unggun dalam ke pramukaan | 6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah | * Menganalisis manfaat api unggun | Api unggun |
6.2 Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah | * Membuat miniatur api unggun | ||
7. Memahami resep dasar memasak | 7.1 Membuat resep makanan ringan | * Membuat resep makanan ringan | Tata Boga |
7.2 Latihan memasak tingkat lanjut (membuat makanan ringan) | * Membuat atau memasak makanan ringan | ||
8. Memahami cara membuat hasta karya | 8.1 Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) | Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri atau beregu. | Hasta karya Pramuka |
8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas | Membauat kerajinan tangan secara mandiri dan beregu | ||
9. Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan | 9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka | * Menjelaskan arti lambang pramuka | Lambang gerakan pramuka dan struktur kepramukaan |
9.2 Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah | * Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka | ||
9.3 Membentuk kepengurusan regu | * Membuat pengurus regu | ||
10. Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka | 10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana | * Mengindentifikasi nilai-nilai musyawarah dan mufakat | Musyawarah & mufakat pramuka |
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut | * Mempraktekan kegiatan musyawarah | ||
11. Memahami tanda- tanda jejak peta dalam kepramukaan | 11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan | Membaca peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. | Panorama |
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan | * Mampu membuat dan memindahkan medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah peta | Peta-Pita | |
12. Memahami definisi dan praktek P3K | 12.1 Mengetahui arti P3K | * Mengetahui obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan. | P3K |
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K | * Mengetahui cara penggunaan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan. | ||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD | * Praktik PPGD/P3K | ||
13. Memahami definisi jelajah alam dan outbond | 13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond | * Menjelaskan arti jelajah alam & out bound | Jelajah alam dan outbound |
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out bound | * Menyebutkan macam- macam jenis out bound | ||
13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana | * Penjelajahan dan out bound | ||
14. Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. | 14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah | * Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah | Lagu - lagu wajib dan daerah |
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar | * Menyanyikan lagu Indonesia Raya | ||
* Menyanyikan 3 lagu daerah | |||
15. Mengetahui makna bakti karya penggalang | 15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang | * Menganalisis arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang | Bakti Karya PENGGALANG |
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa | * Bakti karya penggalang untuk masyarakat pedesaan |
Demikian Contoh Program Kerja Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu atau Kakak-kakak Pembina pramuka.
Masih Belum Menemukan apa yang kalian cari?? Klik Icon Pencarian di sebelah kanan atas website ini.
Jangan lupa Sharing FOLDERSOAL.COM ke teman, sahabat atau keluarga anda untuk informasi mengenai soal apa aja.. atau kalian juga bisa mengirimkan kritik atau saran ataupun request soal-soal yang belum tersedia pada situs ini pada kontak yang telah disediakan pada website ini ya. Jangan Lupa Bahagia!! Good Luck!
artikel kali ini dilansir dari http://foldersoal.com
0 Response to "CONTOH PROGRAM KERJA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA "
Post a Comment